Langsung ke konten utama

Kebiasaan Membaca Doa Harian


LAPORAN
Kebiasaan Membaca Doa Harian
Diajukan sebagai Salah Satu Tugas Pada Mata Kuliah Konseling Nabawi
Dosen Pengampu : Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum.





Disusun Oleh :
Nama : Muhammad Iqbal Habibi 
NIM   : 161340050
Kelas : BKI 5B




FAKULTAS DAKWAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN
2018



Pendahuluan
      Membaca doa harian sangat penting dilakukan karena selain bernilai ibadah kita juga akan mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa kita ajarkan kepada semua orang terutama anal-anak. Kita bisa mengajarkan kepada anak-anak kecil tentang macam-macam doa harian, ini dikarenakan biasanya anak-anak masih mudah dalam menghafalkan sesuatu. Dan sangat penting juga untuk membiasakan mereka untuk membaca atau mengamalkan doa-doa harian tersebut. Hal ini tentu akan menjadikan kegiatan tersebut menjadi suatu kebiasaan yang akan terbawa sampai mereka dewasa nanti. Dan yang pasti mereka juga akan mendapatkan pahala dari kebiasaan membaca doa-doa harian tersebut.
Profil
Nama Lengkap      : Hikmah Azizah
Nama Panggilan    : Atik
TTL                       : Rangkasbitung, 06 Juni 2007
Jenis Kelamin        : Perempuan
Anak ke                 : 3 dari 3 bersaudara
Pendidikan            : Sekolah Dasar (SD)
Usia                       : 11 Tahun

Nama Orang Tua
Ayah                     : Enden Wahyudin
Ibu                         : Nursuhaedah
Alamat                  : Jl. Laskar Ampera (Kp. Daleum Pasir), RT 01/02, Desa Kaduagung Timur   Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Latar Belakang Keluarga
      Hikmah Azizah adalah adik bungsu saya. Ia memiliki 2 orang Kakak laki-laki. Kakak pertama yaitu saya sudah berumur 20 tahun yang sekarang sedang berkuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling Islam di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, sedangkan Kakak yang kedua bernama Mukhlas Ibnu Majid yang sekarang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas di SMAN 1 Rangkasbitung. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang, sedangkan Ibunya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga. Hikmah adalah anak yang periang. Ia adalah orang yang selalu ingin tau akan banyak hal. Ia selalu senang bercerita tentang banyak hal termasuk kegiatannya sehari-hari.
      Adapun pola asuh yang diberikan oleh orang tuanya adalah memberikan kebebasan tetapi ada batasannya juga. Orang tuanya pun mendidik ia agar terbiasa sholat 5 waktu, dan juga mengaji seusai sholat magrib. Apabila susah untuk melakukan kewajiban tersebut, maka orang tua akan menegurnya  agar ia mau mengerjakan kewajiban-kewajibannya tersebut.
      Ia sekarang bersekolah di salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di Rangkasbitung, yakni SDN Pengadilan atau Muara Ciujung Timur 03. Kini ia sudah duduk di bangku kelas 6 dan tinggal beberapa bulan lagi untuk mengikuti Ujian Nasional (UN). Setiap harinya ia diantarkan oleh Ayahnya bersama dengan Kakaknya yang bersekolah di SMA. Berhubung jarak toko dengan sekolahnya tidak begitu jauh, maka sesudah mengantarkan ia ke sekolah Ayahnya langsung membuka toko. Dan ketika pulang, ia pun pulang ke toko terlebih dahulu.

Diagnosa
      Saya sebagai kakaknya tidak sulit untuk mengamati perkembangan hafalan dari adik saya, karena tidak dibatasi ruang dan waktu. Pada dasarnya ia sudah banyak menghafalkan doa-doa di sekolah agamanya, karena ia disekolahkan di sekolah agama favorit di dekat rumahnya. Tetapi, untuk pembiasaan membaca doa-doa tersebut masih kurang, dan terkadang ada yang salah karena tidak pernah dipakai. Maka dari itu, setiap magrib saya membimbing ia untuk mulai menghafal kembali doa-doa harian tersebut.

Treatment
      Adapun treatment yang saya lakukan pada adik saya adalah dengan cara memberikan catatan-catatan kecil untuk ia hafal setiap harinya. Kemudian setelah ia hafal, ia kembali lagi ke saya untuk menyetor hafalan yang baru saja dihafalnya. Biasanya kegiatan menghafal ini dilakukan setelah sholat magrib seusai mengaji. Dan apabila ia sudah hafal maka saya akan memberikan “reward” kepada adik saya dengan cara memberikan ia jajanan/cemilan di dekat rumah.

Tabel Hafalan Doa
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1
20 September 2018
Menghafal doa berpergian
Sudah Hafal
2
21 September 2018
Menghafal doa bercermin
Sudah Hafal
3
22 September 2018
Menghafal doa memakai pakaian
Sudah Hafal
4
23 September 2018
Menghafal doa keluar kamar mandi
Sudah Hafal
5
24 September 2018
Menghafal doa sesudah belajar
Sudah Hafal

Tabel Pembiasaan Doa
NO
DOA
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
1
Doa sebelum tidur
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š

 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
2
Doa bangun tidur
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊

 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
3
Doa masuk kamar mandi
 ðŸ˜Š

😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
4
Doa keluar kamar mandi


😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
5
Doa memakai pakaian

 ðŸ˜Š

 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š


 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
6
Doa bercermin
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š

 ðŸ˜Š


😊

 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
7
Doa berpergian
 ðŸ˜Š

😊


 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š

😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
8
Doa sebelum belajar
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
9
Doa sesudah belajar
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š

 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
10
Doa kedua orangtua
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
😊
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š
 ðŸ˜Š

Evaluasi
      Dan pada tahap evaluasi ini saya menyimpulkan bahwa pada dasarnya Hikmah memiliki kemampuan mengingat yang sangat baik. Ini dikarenakan ia sudah terbiasa menghafal  saat di sekolah agama dulu. Dan perkembangannya pun cukup baik, karena semakin hari Hikmah semakin sering membiasakan diri untuk membaca doa-doa harian tersebut. Adapun harapan saya semoga Hikmah menjadi lebih rajin lagi dalam membiasakan membaca doa-doa harian tersebut dan semoga kelak menjadi anak yang sholehah.

Penutup
      Menghafalkan doa-doa harian sangat penting terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu, kita sebagai orang dewasa harus bisa membimbing anak-anak tersebut untuk menghafalkan serta membiasakan dirinya untuk membaca doa-doa harian tersebut. Ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk mereka, karena bisa mendapatkan pahala serta akan menjadi kebiasaan yang mudah-mudahan akan terbawa sampai dewasa nanti.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT AL-HUMAZAH DAN ARTINYA

Surah Al-Humazah adalah surah ke-104 dalam Al-Qur'an . Surah ini terdiri atas 9 ayat dan tergolong pada surah Makkiyah . Kata Al Humazah berarti pengumpat dan diambil dari ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah .     Artinya: 1. Kecelakaanlah bagi Setiap pengumpat lagi pencela, 2. yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, 3. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, 4. sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. 5. dan tahukah kamu apa Huthamah itu? 6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, 7. yang (membakar) sampai ke hati. 8. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, 9. (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.

SURAT AL-FALAQ DAN ARTINYA

Surat ini dan surat sesudahnya (surat An Naas) diturunkan secara bersamaan sebagaimana dikatakan oleh Al Baihaqi dalam Dalailin Nubuwwah. Oleh karena itu, kedua surat ini dinamakan Al Maw’izatain. Surat ini merupakan surat Makkiyyah (turun sebelum hijrah) dan ada juga yang mengatakan bahwa surat ini adalah surat Madaniyyah. Surat ini turun sesudah surat Al Fiil. (Aysarut Tafasir, hal. 1503; At Ta’rif bi Suratil Qur’anil Karim) Artinya : 1). Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh 2). Dari kejahatan makhluk-Nya 3). Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita 4). Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul 5). Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.

Resensi Film Al-Ghazali-The Alchemist of Happiness

A.     Identitas Film       Judul Film   : Al-Ghazali-The Alchemist of Happiness Oleh            : Ovidio Salazar Pemeran      : Ghorban Nadjafi sebagai Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali Dariush Arjmand sebagai Nizam al-Mulk Robert Powell sebagai Pengisi Suara Al-Ghazali Mitra Hajjar sebagai istri Ghazali Abdol Reza Kermani sebagai Ahmad Ghazali Muhammad Poorsattar sebagai Sufi Guardian Ali Mayani sebagai Magician Durasi         : 01.19.11 Rumah Produksi : Matmedia Production B.      Pendahuluan Ini adalah tugas kedua saya di mata kuliah Filsafat Islam yang diajarkan oleh Bapak Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum. Film ini diproduksi oleh Matmedia Production yang dibuat oleh Ovidio Salazar. Film ini berdurasi 1 jam 19 menit 11 detik dan menggunakan bahasa Inggris. Meskipun berbahasa Inggris di zaman yang serba mudah ini kita bisa menemukan terjemahan dalam bahasa Indonesia di mesin pencarian google dengan mudah. Sungguh sangat dimanjakan sekali gener